Landasan Pengembangan Kurikulum

Secara  etimologis,  kurikulum  berasal  dari  bahasa  Latin currere, curriculum,  running  a  course,  courier,  yang  artinya  berlari, course yang artinya  mata  pelajaran (Rugaiyah  &  Susmiati,  2013). Dari  kedua  arti tersebut,   yaitu   berlari   dan   mata   pelajaran,   bahwasannya   kurikulum merupakan alat perlengkapan dalam sebuah mata pelajaran berlari.

Dalam artian  berlari  disitu  adalah  karena  pada  masa  itu  ternyata  kurikulum pertama  digunakan  dalam  ranah  atlet  atau  dunia  olahraga, akan  tetapi dimasa  sekarang  kurikulum  digunakan  dalam  ranah  pendidikan.  Maka kurikulum  diartikan  sebagai  alat  perlengkapan  suatumata  pelajaran  yang digunakan  dalam  dunia  pendidikan untuk  mencapai  suatu  tujuan  dari pendidikan itu sendiri.Menurut  Hamalik  (1994), kurikulumdiartikan  sebagaijarak  yang harus ditempuh oleh seorang pelari.

Pada waktu itu, pengertian kurikulum ialah  jangka  waktu  pendidikan  yang  harus  ditempuh  oleh  siswa  yang bertujuan  untuk  memperoleh  ijazah.  Dengan  kata  lain,  suatu  kurikulum dianggap sebagai jembatan yang sangat penting untuk mencapai titik akhir dari suatu perjalanan dan ditandai oleh perolehan suatu ijazah tertentu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel