Landasan Pengembangan Kurikulum
Jumat, 28 Juni 2019
Edit
Secara  etimologis, 
kurikulum  berasal  dari 
bahasa  Latin currere, curriculum,  running 
a  course,  courier, 
yang  artinya  berlari, course yang artinya  mata 
pelajaran (Rugaiyah  &  Susmiati, 
2013). Dari  kedua  arti tersebut,   yaitu  
berlari   dan   mata   pelajaran,  
bahwasannya   kurikulum merupakan
alat perlengkapan dalam sebuah mata pelajaran berlari.
Dalam artian  berlari 
disitu  adalah  karena 
pada  masa  itu 
ternyata  kurikulum pertama  digunakan 
dalam  ranah  atlet 
atau  dunia  olahraga, akan  tetapi dimasa 
sekarang  kurikulum  digunakan 
dalam  ranah  pendidikan. 
Maka kurikulum  diartikan  sebagai 
alat  perlengkapan  suatumata 
pelajaran  yang digunakan  dalam 
dunia  pendidikan untuk  mencapai 
suatu  tujuan  dari pendidikan itu sendiri.Menurut  Hamalik 
(1994), kurikulumdiartikan 
sebagaijarak  yang harus ditempuh
oleh seorang pelari. 
Pada waktu itu, pengertian
kurikulum ialah  jangka  waktu 
pendidikan  yang  harus 
ditempuh  oleh  siswa 
yang bertujuan  untuk  memperoleh 
ijazah.  Dengan  kata 
lain,  suatu  kurikulum dianggap sebagai jembatan yang
sangat penting untuk mencapai titik akhir dari suatu perjalanan dan ditandai
oleh perolehan suatu ijazah tertentu.
