Landasan Pengembangan Kurikulum
Jumat, 28 Juni 2019
Edit
Secara etimologis,
kurikulum berasal dari
bahasa Latin currere, curriculum, running
a course, courier,
yang artinya berlari, course yang artinya mata
pelajaran (Rugaiyah & Susmiati,
2013). Dari kedua arti tersebut, yaitu
berlari dan mata pelajaran,
bahwasannya kurikulum merupakan
alat perlengkapan dalam sebuah mata pelajaran berlari.
Dalam artian berlari
disitu adalah karena
pada masa itu
ternyata kurikulum pertama digunakan
dalam ranah atlet
atau dunia olahraga, akan tetapi dimasa
sekarang kurikulum digunakan
dalam ranah pendidikan.
Maka kurikulum diartikan sebagai
alat perlengkapan suatumata
pelajaran yang digunakan dalam
dunia pendidikan untuk mencapai
suatu tujuan dari pendidikan itu sendiri.Menurut Hamalik
(1994), kurikulumdiartikan
sebagaijarak yang harus ditempuh
oleh seorang pelari.
Pada waktu itu, pengertian
kurikulum ialah jangka waktu
pendidikan yang harus
ditempuh oleh siswa
yang bertujuan untuk memperoleh
ijazah. Dengan kata
lain, suatu kurikulum dianggap sebagai jembatan yang
sangat penting untuk mencapai titik akhir dari suatu perjalanan dan ditandai
oleh perolehan suatu ijazah tertentu.