Pengorganisasian Informasi/Pengetahuan Dalam Ingatan Manusia
Jumat, 28 Juni 2019
Edit
Memori adalah simpanan informasi – informasi yang diperoleh dan
diserap dari lingkungan yang kemudian diolah sesuai dengan individu yang
bersangkutan. Memory juga merupakan suatu proses biologi, yakni informasi
diberi kode dan dipanggil kembali. Permasalahan terkait kemampuan mengingat merupakan masalah global
dan berkesinambungan. Hal ini dapat terlihat dari banyaknya penelitian yang
dilakukan mengenai memori/kemampuan mengingat, mulai dari jaman dulu
hingga saat sekarang ini.
Seperti penelitian yang dilakukan oleh Seay dan McAlum di Macon State College pada tahun 2010 yang meneliti mengenai penggunaan mnemonic untuk membantu mahasiswa mengingat materi kuliah auditing. Penelitian ini dilakukan karena dirasakan adanya kesulitan pada mahasiswa untuk mengingat materi-materi auditing selama perkuliahan.
Penelitian lain juga dilakukan oleh Rodriguez dan Sadoski pada tahun 2000 yang meneliti mengenai efek hapalan, konteks, keyword dan metode keyword terhadap retensi kosa kata pada kelas EFL. Penelitian ini dilakukan karena adanya kesulitan pada siswa dalam mengingat kosa kata ketika belajar bahasa.
Taufik Rahman pada tahun 2010 juga meneliti mengenai peranan pertanyaan terhadap kekuatan retensi dalam pembelajaran sains pada siswa SMU. Penelitian ini dilakukan karena adanya kekurangberhasilan pencapaian hasil belajar bidang studi SAINS. penelitian-penelitian tersebut dilakukan dari pihak tenaga pendidik karena merasakan adanya masalah kemampuan siswanya dalam mengingat.
Seperti penelitian yang dilakukan oleh Seay dan McAlum di Macon State College pada tahun 2010 yang meneliti mengenai penggunaan mnemonic untuk membantu mahasiswa mengingat materi kuliah auditing. Penelitian ini dilakukan karena dirasakan adanya kesulitan pada mahasiswa untuk mengingat materi-materi auditing selama perkuliahan.
Penelitian lain juga dilakukan oleh Rodriguez dan Sadoski pada tahun 2000 yang meneliti mengenai efek hapalan, konteks, keyword dan metode keyword terhadap retensi kosa kata pada kelas EFL. Penelitian ini dilakukan karena adanya kesulitan pada siswa dalam mengingat kosa kata ketika belajar bahasa.
Taufik Rahman pada tahun 2010 juga meneliti mengenai peranan pertanyaan terhadap kekuatan retensi dalam pembelajaran sains pada siswa SMU. Penelitian ini dilakukan karena adanya kekurangberhasilan pencapaian hasil belajar bidang studi SAINS. penelitian-penelitian tersebut dilakukan dari pihak tenaga pendidik karena merasakan adanya masalah kemampuan siswanya dalam mengingat.